#featuredContent{float:left;width:407px;margin-right:10px;display:inline} #featured-slider{position:relative;overflow:hidden;width:407px;height:245px} #featured-slider .sliderPostInfo{position:absolute;bottom:2px;width:407px;min-height:30px;height:auto!important;background:url(http://4.bp.blogspot.com/-bp2HK6MdDXg/T5aB6vI5GPI/AAAAAAAAF98/gwCsmb8Fcks/s1600/transparant.png)} #featured-slider .sliderPostInfo p{color:#fff;font-size:1.1em;padding:0 5px} #featured-slider .sliderPostInfo h2{color:#FFF;font:bold 14px Tahoma;text-transform:none;padding:0 5px} #featured-slider .contentdiv{visibility:hidden;position:absolute;left:0;top:0;z-index:1} #paginate-featured-slider{display:block;background-color:#f0f0f0;margin-bottom:0;padding:0 0 5px} #paginate-featured-slider ul{width:415px;padding-bottom:0;list-style:none} #paginate-featured-slider ul li{display:inline;width:75px;float:left;margin-left:0;margin-right:8px;margin-bottom:3px} #paginate-featured-slider img{padding-top:5px;background:#f0f0f0} #paginate-featured-slider a img{border-top:4px solid #f0f0f0} #paginate-featured-slider a:hover img,#paginate-featured-slider a.selected img{border-top:4px solid #357798}

Halaman

Cari Blog Ini

Senin, 14 Maret 2011

kapan bayi duduk sendiri


Ada tiga kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh si kecil sebelum dia mampu untuk duduk sendiri. Apa saja kemampuan dasar itu, simak yang berikut ini:

1. Bayi mampu menegakkan kepala dalam semua sikap tubuhnya.
Bayi harus mampu untuk menahan kepalanya agar tidak terkulai ke samping, ke belakang ataupun ke depan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang bayi agar mampu menahan kepalanya untuk tidak terkulai:
* Sering-seringlah bermain dengan bayi anda di tmpat tidur. Pada saat itu, bayi senang memandang wajah anda, sehingga dia akan termotivasi untuk menggerakkan kepalanya ke tengah. Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggantungkan mainan atau benda yang berwarna cerah kira-kira 20 cm di atas tempat tidurnya dengan tujuan untuk menarik perhatian bayi, sehingga dia akan tetap menahan kepalanya untuk di tengah.
* Ajak bayi Anda untuk bermain-main dalam posisi tengkurap. Secara reflex, bayi akan menahan kepalanya untuk tidak terkulai. Anda dapat membantunya dengan benda berwarna cerah yang dapat berbunyi sehingga bayi mau mendongakkan kepalanya dan melihat ke atas. Dengan cara melatihnya tengkurap, berarti bayi Anda telah melatih otot-otot leher nya agar lebih kuat ,serta melatih control kepalanya.
2. Melenturkan gerakan pinggul.
Artinya dalam posisi terlentang, bayi Anda harus mampu menekuk kedua keuda kakinya secara berbarengan sampai dapat terpegang olehnya. Untuk hal tersebut, ada baiknya agar Anda tidak sering membedongnya atau menggendongnya rapat-rapat dengan kain, Anda harus membiarkan Bayi anda memiliki banyak waktu agar dapat asyik bergerak semaunya di tempat yang luas dan aman.
3. Memutar badan dengan aktif
Maksudnya adalah bayi Anda harus mampu membalikkan tubuhnya dari posisi terlentang ke posisi telungkup. Anda harus rajin memberinya stimulasi agar bayi aktif bergerak untuk memutar pinggul dan bahunya. Rangsang bayi, sebaiknya sebelum 6 bulan, untuk aktif memutar badannya dengan cara meletakkan sesuatu benda yang sangat diinginkannya, bisa mainan atau biskuit, di dekat dirinya, lalu biarkan bayi bergerak dari posisi terlentang untuk meraih benda tersebut.

Setelah bayi Anda menguasai ketiga kemampuan dasar tersebut, bayi masih harus berlatih lagi untuk bisa mengkombinasikannya sehingga dia mampu untuk dapat duduk sendiri. Apapun itu,yang terpenting dalam perkembangan seorang bayi adalah rangsangan yang diberikan oleh orang-orang di sekitarnya. Jangan sungkan-sungkan ya untuk tetap merangsang bayi Anda, jikalau memang nanti waktunya tiba, Anda akan terkejut melihat bayi anda sudah dapat duduk sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar