#featuredContent{float:left;width:407px;margin-right:10px;display:inline} #featured-slider{position:relative;overflow:hidden;width:407px;height:245px} #featured-slider .sliderPostInfo{position:absolute;bottom:2px;width:407px;min-height:30px;height:auto!important;background:url(http://4.bp.blogspot.com/-bp2HK6MdDXg/T5aB6vI5GPI/AAAAAAAAF98/gwCsmb8Fcks/s1600/transparant.png)} #featured-slider .sliderPostInfo p{color:#fff;font-size:1.1em;padding:0 5px} #featured-slider .sliderPostInfo h2{color:#FFF;font:bold 14px Tahoma;text-transform:none;padding:0 5px} #featured-slider .contentdiv{visibility:hidden;position:absolute;left:0;top:0;z-index:1} #paginate-featured-slider{display:block;background-color:#f0f0f0;margin-bottom:0;padding:0 0 5px} #paginate-featured-slider ul{width:415px;padding-bottom:0;list-style:none} #paginate-featured-slider ul li{display:inline;width:75px;float:left;margin-left:0;margin-right:8px;margin-bottom:3px} #paginate-featured-slider img{padding-top:5px;background:#f0f0f0} #paginate-featured-slider a img{border-top:4px solid #f0f0f0} #paginate-featured-slider a:hover img,#paginate-featured-slider a.selected img{border-top:4px solid #357798}

Halaman

Cari Blog Ini

Selasa, 22 Maret 2011

Air si obat ampuh

Posted by Aby Jamil

Bisa dipastikan manusia tidak akan bisa hidup tanpa air. Air merupakan salah satu rahasia dan unsur utama asal mula pembentukan mahkluk hidup menjadi kebutuhan hidup yang mutlak.

Allah SWT telah berkehendak menjadikan bumi sebagai planet yang kaya akan air. Sekitar 71% permukaan bumi dipenuhi oleh air, sedangkan 29% lainnya adalah daratan. Bumi juga menerima limpahan air hujan dari langit setiap tahunnya sebanyak 380.000 km3, 284.000 km3 terbuang di lautan samudera dan 69.000 km3 di daratan.

Air memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Menjaga keseimbangan tubuh, kemampuan untuk mengoksidasi, mereduksi dan berinteraksi dengan berbagai bahan kimia, menggemburkan tanah untuk ditanami pepohonan dan manfaat lainnya bagi kehidupan makhluk hidup.

Allah SWT berfirman, “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21:30).

Begitu dahsyatnya eksistensi air di kehidupan manusia. Sejak dulu masyarakat juga menggunakan air sebagai sarana pengobatan yang ampuh. Dalam buku Terapi Air ( Mahmud, MH. 2007) disebutkan masyarakat mesir kuno telah memakai air sebagai sarana penyembuhan. Seorang dokter terkenal zaman itu, Amenhotep menganggap air sebagai unsur penting dalam setiap resep obat yang dibuatnya untu pasien.

Orang-orang Romawi dan Byzantium pun terbiasa menempuh cara-cara mandi uap, pijat dan penyembuhan alami dengan menggunakan air. Rasullulah senantiasa mengobati sakit demamnya dengan air. Dalam Ash-Shahihain diriwayatkan bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya akutnya demam adalah dari didihan neraka jahanam, maka dinginkanlah dengan air.” (HR. Bukhari).

Terapi Air Untuk Penyembuhan

Terapi dengan air adalah aneka cara pengobatan demi tujuan pengobatan. Tugas utama air adalah untuk memompa suhu panas dan dingin tubuh, sehingga perhajan terjadi peringatan mekanis dan kimiawi yang berdampak positif. Suhu panas tubuh menjadi pendorong yang positif bagi energi tubuh. Hal itu terjadi berkat pengaruh efektif air terhadap komponen sel-sel mikroorganisme yang terdiri dari elektron dan ion-ion.

Air merupakan sarana yang baik bagi suhu panas. Dengan air kita tidak terlalu banyak terpenagruh oleh panas maupun dinginnya suhu udara, seperti saat tubuh dicelupkan atau direndam di arir dingin maupun panas.

Ada juga terapi pemandian air panas, dengan air yang digunakan dapat mecapai 55 derajat celcius. Kondisi itu tergantung pada kemampuan tubuh seseorang dalam menghadapi suhu tinggi. Lamanya proses juga tergantung dengan kemampuan tubuh masing-masing orang.

Pemandian dengan air panas bertujuan untuk mengeluarkan keringat saat tubuh terserang demam atau penyakit-penyakit pada saraf dan kulit. Pemandian air hangat dengan suhu 30 derajat celcius juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit peradangan.

Sauna, terapi uap air dengan menggunakan suhu tinggi juga merupakan pengobatan untuk mengeluarkan keringat. Manfaatnya antara lain adalah untuk memperbaiki sirkulasi darah, meringankan nyeri otot, melancarkan buang air seni dan memjaga oragan reproduksi.

Terapi pemandian mineral alam, mungkin belum terlalu familiar. Pemandian tersebut bermanfaat untuk mengobati aneka penyakit rematik, saraf, liver, hati dan kulit. Hal itu bisa terjadi karena air mineral alam mengandung cairan klorida.

Selain itu juga, karena pemandian tersebut mengeluarkan panas belerang yang bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit yang berlarut-larut serta mengobati nyeri pergelangan tubuh.

Ketika tubuh orang yang sakit dibenamkan dan permukaan kulitnya menyentuh air, maka pori-porinya akan seperti terbakar dan aliran darah seperti menghisap sesuatu yang hilang dari tubuh seperti unsur kimiawi dan mineral yang akan memberi pengaruh positif bagi kesehatan.
Sumber : http://republika.co.id/berita/24506.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar